Suzuki Ertiga begitu istimewa. Tidak
hanya Suzuki, publik lokal menunggu sosok MPV kompak ini. Wajar,
rangkaian kehadiran Ertiga, mulai menarik perhatian saat masih dalam
mobil konsep di ajang IIMS beberapa tahun lalu.
Beruntung, Auto Bild Indonesia hadir dalam peluncuran Maruti Suzuki Ertiga sebagai world premiere di New Delhi Auto Show 2012 dan melihat langsung sosok asli MPV kompak ini.
Sepintas sosoknya mengingatkan pada rival sekelas, Nissan Grand Livina. Tapi bila diperhatikan, tampak muka identik seperti Suzuki Splash lengkap dengan desain gril yang dinamis.
Tampak samping, lekukan desain tegas dengan paduan overfender roda depan dan belakang nan serasi. Kian apik, lampu buritan dengan desain melancip ke depan mempertegaskan penampilan dari samping.
Pindah ke belakang, tampilannya mirip SX4 yang dibuat lebih manis. Kian fungsional, kehadiran wiper belakang berpadu padan dengan emblem S di buritan.
Beruntung, Auto Bild Indonesia hadir dalam peluncuran Maruti Suzuki Ertiga sebagai world premiere di New Delhi Auto Show 2012 dan melihat langsung sosok asli MPV kompak ini.
Sepintas sosoknya mengingatkan pada rival sekelas, Nissan Grand Livina. Tapi bila diperhatikan, tampak muka identik seperti Suzuki Splash lengkap dengan desain gril yang dinamis.
Tampak samping, lekukan desain tegas dengan paduan overfender roda depan dan belakang nan serasi. Kian apik, lampu buritan dengan desain melancip ke depan mempertegaskan penampilan dari samping.
Pindah ke belakang, tampilannya mirip SX4 yang dibuat lebih manis. Kian fungsional, kehadiran wiper belakang berpadu padan dengan emblem S di buritan.
Langkah revolusioner juga diambil
Suzuki dengan memperkenalkan mesin anyarnya, K14B. Inilah pengembangan
terbaru mesin K-series milik Suzuki. Mesin bensin Suzuki ini
berkapasitas 1.400 cc 4 silinder DOHC VVT, mampu menghasilkan 95,2 dk di
6.000 rpm, dan torsi 130 Nm di 4.000 rpm. Lebih jauh, Ertiga mengusung
penggerak roda depan (FWD) untuk memaksimalkan performanya.
Panel instrumennya mudah terbaca dan user friendly, seperti MID, temperatur , spidometer, dan lain-lain. Head unit double DIN yang diadopsi Ertiga dilengkapi fitur pendukung seperti CD, USB, dan aux-in. Sementara power outlet juga tersedia.
Panel instrumennya mudah terbaca dan user friendly, seperti MID, temperatur , spidometer, dan lain-lain. Head unit double DIN yang diadopsi Ertiga dilengkapi fitur pendukung seperti CD, USB, dan aux-in. Sementara power outlet juga tersedia.
Di
baris kedua, kenyaman penumpang masih tetap terjaga. Lebih jauh, bangku
deret kedua ini bisa dimaju-mundurkan. Bahkan pihak Maruti Suzuki
mengklaim, jarak maju mundur jok baris kedua ini merupakan yang terbaik
di kelasnya.
Fleksibilitas pelipatan kursi nya juga cukup menjanjikan. Hanya dengan menarik tuas yang berada di samping, konfigurasi kursi dapat diatur sesuai kebutuhan.
Untuk harga, Suzuki meracik kelas Avanza-Xenia, Ertiga diluncurkan dalam 3 tipe: GA, GL dan GX. Komposisi harga dimulai dari Rp 149,7 juta untuk tipe GA, hingga Rp 169,7 juta untuk tipe GX. Semua varian ini hanya menyediakan pilihan transmisi manual 5-percepatan.
Fleksibilitas pelipatan kursi nya juga cukup menjanjikan. Hanya dengan menarik tuas yang berada di samping, konfigurasi kursi dapat diatur sesuai kebutuhan.
Untuk harga, Suzuki meracik kelas Avanza-Xenia, Ertiga diluncurkan dalam 3 tipe: GA, GL dan GX. Komposisi harga dimulai dari Rp 149,7 juta untuk tipe GA, hingga Rp 169,7 juta untuk tipe GX. Semua varian ini hanya menyediakan pilihan transmisi manual 5-percepatan.
Spesifikasi |
Mesin : 1.372 cc 4 silinder Tenaga maksimum : 92,5 dk/6.000 rpm Torsi maksimum : 130 Nm/4.500 rpm Transmisi : 5-spd manual/fwd 0-100 km/jam : N/A Konsumsi bbm : N/A P x L x T : 4.265x1.695x1.685 mm Wheelbase : 2.740 mm |
Our Opinion |
Inilah momentum apik bagi Suzuki untuk pasar Tanah Air. Selain desain, konsep serta teknologi yang diusung Ertiga menjadi kemasan menarik. |
Sumber : Autobildindonesia.com
Posted 10 Februari 2013
0 komentar:
Posting Komentar