Suzuki membuka 2013 dengan meluncurkan varian terbaru dari backbone mereka, Ertiga. Pabrikan berlogo “S” ini memperkenalkan Suzuki Ertiga yang sudah dibekali AC Double Blower.
Kehadiran fitur ini memberikan keunggulan kompetitif tambahan bagi Ertiga. Ia sekarang mempunyai satu senjata tambahan untuk menghadapi “duet maut” Toyota Avanza-Daihatsu Xenia yang sudah lebih dulu dibekali AC Double Blower.
Bagi konsumen segmen MPV di Indonesia itu AC Double Blower dianggap sebagai “fitur yang wajib dimiliki”. Soalnya, bisa membuat mobil terlihat lebih mewah dan jaminan kabin dingin. Sehingga AC tambahan ini akan bisa menarik konsumen lebih banyak lagi bagi Suzuki.
Unit penyejuk udara ini di pasang di langit-langit Ertiga. Seluruh bodi AC Double Blower ditutup oleh plafon. Jadi yang terlihat hanya cover panel dan kisi-kisi saluran udara dengan kelir senada plafon.
Untuk mengatur kecepatan embusan angin menggunakan kenop bundar. Ada 3 percepatan blower yang tersedia: low, medium dan high. Untuk kisi-kisi pengatur arah embusan AC ada 4 buah. Cukup untuk menyejukan kabin bagi penumpang di baris ke-2 dan ke-3.
AC dinyalakan di kecepatan paling rendah (low). Embusan udara lembut dan sejuk langsung terasa di baris ke-2. Pindah ke baris ke-3 pun masih terasa, cuma saja kondisinya baris ke-2 kosong. Bunyi yang dikeluarkan blower AC kedua ini pun sangat halus.
Kalau mau lebih kencang lagi embusannya, tinggal putar kenop ke atas (medium atau high). Udara yang mengalir menjadi lebih cepat. Seiring dengan itu, suara blower-nya menjadi sedikit lebih keras. Namun, tidak mengganggu kenyamanan penumpang.
Oh ya, selain menambahkan AC Double Blower. Untuk varian GX yang kami coba ini mendapatkan gril baru dan garnish di pintu belakang. Gril model sarang tawon diganti dengan 3 buah bilah berlapis krom. Sementara garnish krom ditempel di atas tempat menaruh pelat nomor polisi. Perubahan ini membuat Ertiga terlihat lebih elegan dan mewah.
That’s it, performa mesin, handling dan bantingan suspensi sama persis dengan varian Ertiga bertransmisi manual lainnya. Artinya mesin responsif, irit bahan bakar, suspensi empuk dan kabin kedap.
Ertiga GX dengan double blower ini dilepas dengan harga sekitar Rp 175,5 juta, on the road Surabaya. Lebih mahal Rp 5,8 juta dari tipe sebelumnya. Untuk tipe GL Double Blower harganya Rp 163,5 juta. Juga naik Rp 5,8 juta dari sebelumnya.
Suzuki Ertiga GX M/T | |
Harga | Rp 175,5 juta |
Mesin | 1.373 cc 4-silinder |
Tenaga maksimum | 95 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 130 Nm/4.000 rpm |
Transmisi | Manual 5-speed /FWD |
Panjang/wheelbase | 4.265 x 1.695 x 1.685 mm |
Wheelbase | 2.740 mm |
Kapasitas tangki/ban serep | 45 liter/full size |
Ground clearance | 185 mm |
Ukuran ban | 185/65 R15 |
Bobot | 1.180 kg |
PERFORMA | |
0-100 km/jam | 10,62 detik |
0-60 km/jam | 4,79 detik |
60-80 km/jam | 3,40 detik |
80-100 km/jam | 4,46 detik |
100-120 km/jam | 8,76 detik |
RPM @ 100 km/jam | 3.100 rpm |
Pengereman (100-0 km/jam) | 47,2 meter |
GREEN TECH | |
Konsumsi bbm Konsumsi bbm dalam kota/tol | 14,5/18 km/l |
HC idle/4.000 rpm | 8/6 ppmVol |
CO idle/4.000 rpm | 0,01/0,01 %Vol |
Teknologi | Katup variabel |
Electronic Power Steering | |
Eco tire | |
FITUR | |
Airbag/ABS/EBD/BA | 2/ada/ada/tidak |
Kontrol traksi/ESP | Tidak/tidak |
AC climate control/dualzone/double blower | Tidak/tidak/ada |
CD/MP3/DVD player/cup holder | Ada/ada/tidak/ada |
Monitor/USB/Aux-In | Tidak/ada/ada |
Tombol audio setir/cruise control | Ada/tidak |
On-Board Computer/voice command | Ada/tidak |
Jok elektrik/heater/ECO Mode | Tidak/tidak/tidak |
Launch control/suspension control | Tidak/tidak |
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer | Ada/ada/tidak/ada |
Setir adjustable reach/rake | Tidak/ada |
Headlamp projector/auto levelling/HID | Tidak/tidak/tidak |
Spion elektrik/pelipat elektrik/foglamp | Ada/tidak/ada |
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu | Tidak/tidak/tidak/tidak |
Auto door-lock/sunroof/pelek | Ada/tidak/alloy 15 inci |
RIVAL |
Toyota Avanza Veloz 1.5 S M/T Mesin: 1.498 cc 4 silinder, 109 dk 0-100 km/jam: 11,7 detik Harga: Rp 180 jutaan + Akomodasi, varian, pilihan mesin dan transmisi - Konsumsi bbm, performa, suspensi |
FIRST OPINION
Senjata baru untuk terus menggenjot penjualan Suzuki Ertiga tahun 2013. Ubahan kecil tapi memberi keunggulan kompetitif yang sangat signifikan. Apalagi ia didukung dengan strategi harga yang ciamik.
SEKILAS PANDANG
- Double blower hanya tersedia di tipe GX dan GL saja.
- Varian bertransmisi otomatis masih belum tersedia.
Senjata baru untuk terus menggenjot penjualan Suzuki Ertiga tahun 2013. Ubahan kecil tapi memberi keunggulan kompetitif yang sangat signifikan. Apalagi ia didukung dengan strategi harga yang ciamik.
SEKILAS PANDANG
- Double blower hanya tersedia di tipe GX dan GL saja.
- Varian bertransmisi otomatis masih belum tersedia.
Suzuki ERTIGA terbukti lebih mengerti keluarga.
TEST DRIVE YUK . . . ?
Sumber : Autobilindonesia.com
Posted 10 Februari 2013
0 komentar:
Posting Komentar