Sabtu, 11 Mei 2013

Tenaga dan Torsi Besar di Ertiga Matic

BOGOR- Varian terbaru dari Suzuki Ertiga dengan transmisi otomatis tersedia pada varian GL dan GX. Okezone berkesempatan menguji Ertiga tipe GX yang dibanderol sebesar Rp188,5 juta (OTR Surabaya).

Varian tertinggi Suzuki Ertiga Matic dengan transmisi otomatic ini menggendong sebuah mesin K14B 4 silinder berkapasitas 1,4 liter. Mesin ini mampu melontarkan daya sebesar 95 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin ini merupakan mesin generasi terbaru yang diklaim oleh Suzuki lebih ringan dan bertenaga. Ditambah dengan adanya teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MIP), sistem Dribe by Wire pada pedal gas, dan menggunakan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive untuk akselarasi lebih responsif.

"Dengan mesin terbaru K14B ini, Suzuki Ertiga akan memiliki akselarasi yang lebih responsif, dan kami (pihak Suzuki) mengklaim dengan mesin tersebut Ertiga memiliki konsumsi bahan bakar 1:16," jelas GM Marketing Brand II 4W PT SIS, Joko Utomo di Bogor, Jawa Barat.

Suzuki Ertiga Matic ini juga memiliki fitur Release gearshift untuk mengunci transmisi, karena bentuk transmisi Suzuki Ertiga yang vertikal, Ertiga Matic ini juga memiliki fitur over drive di tuas perseneling sebelah kanan. Fitur ini digunakan untuk memindahkan dari gigi tiga saat transmisi Drive ke gigi dua, guna memberikan tenaga yang lebih besar jika digunakan untuk jalan menanjak.

Okezone mencoba fitur over drive ini saat melewati jalan menanjak, dengan menekan tombol over drive di sebelah kanan tuas perseneling, terasa ada tambahan tenaga yang lebih untuk menanjak. Jika over drive tersebut dirasa kurang untuk melewati tanjakan yang lebih curam. tuas perseneling tinggal diubah ke posisi L untuk memberikan tenaga yang lebih responsif.

Kontur jalan yang rusak dan bebatuan mampu diredam sistem suspensi Ertiga. Body monococoque dengan suspensi depan MacPherson Strut With Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam With Coil Spring, sehingga getaran mobil saat melewati jalan bebatuan dan rusak bisa diredam.

Ertiga Matic ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni seperti Dual SRS Airbag untuk tipe GX pada pengemudi dan penumpang depan, side impact beam, rem anti lock breaking system, dan electronic brake force system (ABS dan EBD), pada tipe GX. Serta immobilizer dan keyless entry untuk tipe GL dan GX. Serta collapsible steering columm atau setir yang patah saat terjadi benturan atau kecelakaan yang mengurangi resiko cedera pada pengemudi.



Sumber : autos.okezone.com
Posted 12 Mei 2013

0 komentar:

Posting Komentar