Senin, 10 Juni 2013

Memacu Garangnya Mesin Swift Sport diSirkuit Sepang



Kuala Lumpur - Menjelang peluncurannya di Indonesia, Suzuki mengajak jurnalis dari Indonesia untuk memacu Swift Sport di Sirkuit Sepang, Malaysia.  Di tengah terik matahari dengan suhu sekitar 32 derajat celcius, 4 mobil Swift Sport dipacu di track yang penuh belokan secara bergantian.  Empat mobil itu terdiri dari dua mobil bertransmisi manual dan dua mobil lainnya matik. Bagaimana rasanya menjajal Swift yang lebih berasa balap ini?


Desain

Sekilas jika melihat Swift Sport tidak ada bedanya dengan Swift standar. Jika tidak ada emblem sport di belakang mobil, mungkin kita akan salah membedakannya. Kesan sporty coba ditanamkan Suzuki dengan menggunakan knalpot ganda di belakang mobil.  Grille-nya menggunakan tipe lebar agar mempermudah masukan udara.

Interior

Unsur sporty juga terasa ke bagian dalam mobil, dengan menggunakan jok sport bucket, kulit pada setir, penggunaan aksen krom dan gear knob berwarna merah menyala. Pedal metal juga menambah kesan sporty.  Tempat duduknya terasa nyaman, kemudinya yang dilengkapi dengan tombol untuk audio juga terasa oke. Setelah siap, peserta test drive pun memacu mobil yang bermesin tipe M16 A ini.


Performa


Test drive di arena balap ini dilakukan seusai peluncuran Swift Sport oleh Suzuki Malaysia Automobile. Selain untuk jurnalis Malaysia dan Indonesia, kesempatan test drive mobil sport berkapasitas mesin 1.600 cc ini juga diberikan kepada nonmedia.  Masing-masing peserta tes drive mencoba memacu Swift Sport yang memiliki kehandalan performa di mesin dan keamanan ini sebanyak 2 putaran. Setiap putaran terdiri sekitar 2 KM. detikOto kebagian menjajal Swift Sport matik yang memiliki 7 speed ini. Setelah mesin ber-keyless entry ini dinyalakan, peserta test drive diminta bersiap-siap untuk beradaptasi dengan tempat duduk dan kemudi. Tenaganya memang jauh lebih kuat dibanding All New Swift biasa. Dipacu di kecepatan 150 km/jam tetap oke. Saat berbelok dengan kecepatan cukup tinggi, All New Swift Sport tetap stabil.


Begitu pedal gas diinjak, mobil enak dibawa langsung ngebut. Tarikan pertama, tenaga mobil ini terasa cukup kuat. Sejak start sampai sekitar 300 meter, track masih lurus, sehingga mobil bisa dipacu dengan kecepatan maksimum.


Saat berbelok tajam, dengan kecepatan mobil sekitar 70 KM/jam, mobil juga terasa masih stabil. Setelah belokan ke sekian kalinya, di saat track lurus sekitar 500 meter, mobil dipacu dengan kecepatan sekitar 160 KM/jam juga terasa kuat.


Menjelang finish, mobil matik yang akan dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp 315 juta ini dicoba untuk berjalan zigzag. Masih terasa responsif.

Diuji juga remnya. Saat pedal rem diinjak secara tiba-tiba dalam kecepatan cukup tinggi sehingga ban berdecit saat bergesekan dengan aspal, remnya yang dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) juga tampak responsif.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi All New Swift Sport:

  • Mesin M16A 1.6-liter VVT
  • Tenaga maksimum 136 PS pada 6.900 rpm
  • Torsi maksimum: 160 Nm/4.400 rpm
  • Akselerasi 0-100 km per jam dalam 8,7 detik
  • Kecepatan maksimum 195 km per jam
  • Sistem penggerak roda: 4x2
  • Transmisi: 6 MT/ CVT
  • Panjang total: 3.890 mm
  • Lebar total: 1.695 mm
  • Tinggi total: 1.510 mm
  • Wheelbase: 1.470 mm
  • Berat total: 1.520 kg

Info Penjualan silahkan menghubungi :
PRAPTO ( EM of UMC )
GSM       0821 3925 2869 atau 0817 0373 2665
CDMA    031-7865 5757
Pin BB   25C4519C

Sumber : detikOto.com

Posted 10 Juni 2013

0 komentar:

Posting Komentar