Senin, 03 Juni 2013

65 Persen Pembeli Ertiga, Konsumen Merek 'Tetangga'



JAKARTA - Setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah meluncurkan low MPV terbarunya, Ertiga di pasar automotif nasional. Kini PT SIS sedikit mengalami kewalahan, sebab permintaan Ertiga dari konsumen sangat tinggi.


Alhasil konsumen Suzuki harus sedikit sabar untuk mendapatkan Ertiga. Membludaknya permintaan Suzuki Ertiga tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Menanggapi hal itu, Director of Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tuilan, menerangkan, ada fenomena menarik dari membludaknya permintaan Suzuki Ertiga di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Dari total keseluruhan atau dari 100 persen konsumen Ertiga di Indonesia, 65 persennya berasal dari merek lain yang menyatakan untuk pindah haluan.

"Kami melakukan survei untuk mengetahui siapa konsumen yang membeli Ertiga. Dari situ ada fenomena menarik bahwa, hampir setengahnya konsumen kami adalah konsumen berasal dari merek lain. Saya tidak perlu sebutkan mereknya apa," terang Davy Tuilan, tadi malam di Jakarta.

Menurut Davy, dengan kejadian seperti itu, masyarakat bisa menilai sendiri kualitas produk Suzuki dibanding merek lain yang bermain di kelas yang sama. Masyarakat jauh lebih mengerti dan sudah bisa membedakan mana produk yang kualitasnya baik dan mana yang kualitasnya kurang baik.

Davy menambahkan, selain fenomena itu, ada fakta yang tak kalah menariknya, yakni market share Suzuki di luar Jabodetabek meningkat. Hal ini membuktikan bahwa Ertiga berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

"Di luar Jabodetabek, komposisi market share kami 80 persen dan 20 persen. Jadi 20 persen itu merupakan orang-orang yang sudah kenal dengan Suzuki dan 80 persennya merupakan konsumen yang benar-benar baru mengetahui Suzuki," tegas Davy.

Hal ini sangat memberikan dampak yang positif bagi Suzuki. Karena setelah meluncurkan Ertiga dan konsumen yang sama sekali belum mengetahui Suzuki jadi banyak yang mengetahui Suzuki.

"Fenomena ini sangat menarik dan dapat membantu Suzuki. Karena dengan begitu yang tadinya konsumen tak mengenal produk Suzuki jadi lebih tahu semua produk-produk Suzuki," tandasnya.




Sumber : autos.okezone.com

Posted 04 Juni 2013

0 komentar:

Posting Komentar