Sabtu, 11 Agustus 2012

Komparasi Antara Suzuki Ertiga Vs Grand Livina Vs All New Avanza Vs All New Xenia

SUZUKI ERTIGA
VS 
NISSAN GRAND LIVINA
VS
ALL NEW AVANZA
VS
ALL NEW XENIA

Memiliki kendaraan pribadi merupakan dambaan setiap keluarga Indonesia. Tak hanya akan digunakan pada saat liburan, namun untuk mendukung kegiatan sehari-hari seperti berangkat ke kantor ataupun mengantar anak kesekolah sangatlah diperlukan mengingat sarana angkutan umum belum memenuhi standar bagi mereka yang memiliki ekonomi yang cukup mapan.

Belakangan ini, untuk memilih kendaraan yang ideal bagi keluarga tentu saja sedikit membingungkan konsumen mengingat pada kelas Low-end MPV 7 penumpang telah hadir jawara-jawara yang notabene hasil kreasi para desainer otomotif dan engineering dari negara matahari terbit dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Nah, agar tidak membingungkan konsumen, disini kami membuat sebuah komparansi atau perbandingan yang fair antara Grand Livina Vs Suzuki Ertiga Vs All New Avanza Vs All New Xenia. Komparansi ini kami buat dari perspektif beberapa pengamat ekonomi, namun juga berdasarkan test drive yang dilakukan pada setiap produk Low-end MPV tersebut.

Dalam membeli sebuah kendaraan MPV yang telah hadir pada bursa otomotif Indonesia, tentu saja ada 6 (enam) hal yang akan menjadi pertimbangan konsumen, diantaranya adalah :

Fitur

Berbicara mengenai fitur, tentu saja ada beberapa kesamaan pada All New Xenia 1.3 R (M/T), Grand Livina SV 1.5 M/T, Ertiga 1.4 (M/T) dan juga All New Avanza 1.5 G (M/T). Mengingat produk yang ditawarkan harus sesuai dengan perkembangan pada teknologi otomotif masa kini, maka setiap produsen dari kendaraan Low-end MPV telah mengaplikasikan fitur tilt steering, EPS (Electronic Power Steering), wiper belakang, mode intermittent pada wiper depan dan reflektor belakang yang juga merupakan fitur keselamatan pada saat mengemudi dimalam hari. Untuk EPS tentu saja akan meringankan kinerja mesin yang nantinya penggunaan bahan bakar akan lebih efisien.

Karena MPV adalah kendaraan keluarga, maka fitur wajib lainnya yang juga telah dimiliki oleh keempat produk MPV yang kami sebutkan diatas adalah Audio System, dimana telah terpasang head unit yang sudah terintegrasi dengan slot USB, konektor aux-in dan juga Bluetooth connection.

Kenyamanan

Pemenang pada komparansi kenyamanan berkendara tentu saja dimiliki oleh Grand Livina dan Suzuki Ertiga, namun persaingan antara keduanya tak terelakan mengingat baik GL ataupun SE memiliki beberapa keunggulannya masing-masing yang hanya bisa ditentukan oleh selera berkendara konsumen.

Ertiga telah memiliki fitur Driver Height Seat Adjuster, dimana pengemudi dapat mengkonfigurasi bangku pengemudi membuat posisi mengemudi menjadi lebih ekonomis dengan jangkauan dan jarak pandang yang lebih baik dan menyenangkan.

Sedangkan untuk kenyamanan penumpang dalam menempuh perjalanan jauh baik GL, SE, Avanza dan Xenia telah dilengkapi fitur arm rest. Poin penting yang diperhitungkan adalah SE memiliki pintu samping yang lebih panjang sehingga penumpang akan lebih leluasa untuk keluar ataupun masuk kedalam kabin.

Ukuran kabin yang dimiliki oleh keempat MPV tentu saja berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk menambah ruang kabin, pada Avanza dan Xenia konsumen dengan mudah melakukannya dengan melipat bangku yang berada pada baris kedua, sedangankan pada SE dan GL dapat dilakukan dengan cara mendorong seat yang ada pada baris kedua jika hendak masuk ke bagian belakang kabinnya.

Berbicara mengenai suspensi, GL lebih unggul dari SE, namun bantingannya lebih keras akan tetapi lebih stabil saat melakukan manuver yang ekstrim dan juga suspensi GL sedikit lebih meredam kejutan atau getaran yang terjadi saat melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Desain

Melihat desain eksterior dan interior, tentu saja All New Avanza, All New Xenia dan Ertiga telah mendapat sentuhan yang lebih fresh dibandingkan dengan Grand Livina yang tak mengalami banyak perubahan dengan para pendahulunya. Ertiga sendiri mengusung desain minimalis yang ditandai dengan adanya garis kontur bodi sehingga terlihat lebih mewah dan elegan dari MPV lainnya.

Hanya saja pada bagian belakang, Ertiga memiliki desain stop lamp yang kurang pas dan terlalu kecil jika dipandang dari belakang. Untuk menyeimbanginya, desain ground clearance dibuat lebih rendah menyerupai sedan dan hal ini sangat berbeda dengan MPV lainnya. Sejatinya antara Ertiga dan GL memiliki kemiripan dalam hal desain, namun pihak Nissan tak pernah memberikan sentuhan lainnya layaknya desain All New Avanza dan All New Xenia.

Konsumsi Bahan Bakar

Nah, ini merupakan kunci utama keberhasilan produk MPV yang dipasarkan dipasarkan di Indonesia, mengingat saat ini konsumen sangat selektif dalam mempertimbangkan membeli sebuah mobil. Nama besar All New Avanza dan All New Xenia tentu saja tak bisa mengalahkan Grand Livina dan Ertiga dalam hal efisiensi bahan bakar.

Dalam beberapa uji coba dalam kota yang pernah dipublikasikan oleh sebuah majalah otomotif dengan menggunakan bensin Shell Super, Avanza 9,6km:1ltr , Xenia 12,1km:1ltr, Grand Livina 12,86km:1ltr sedangkan Ertiga dengan 1 liter dapat mencapai 13km jarak yang yang ditempuh. Kesimpulan yang diambil, untuk dalam kota jelas Ertiga memenangi pertarungan ini.

Sedangkan untuk luar kota, Grand Livina 18,2 km:1ltr, Ertiga 16,3 km:1ltr, Xenia 14 km:1ltr dan 11,5 km:ltr. Dari hasil ini mobil Livina jelas pemenangnya untuk jarak tempuh luar kota.
Tak hanya itu, test juga dilakukan saat kecepatan kontsan 100 km/jam dimana 1 liter bensin, GL akan menempuh 20km, Ertiga 18,6 km, Xenia 16km dan Avanza hanya mentok 14 km.

Performa mesin

Berbicara mengenai performa disini bukan untuk mengadu kecepatan saat dijalanan menginat ke empat kendaraan ini bukanlah mobil sport. Karena MPV adalah kendaraan keluarga maka performa yang dimaksudkan disini adalah mengenai daya angkut penumpang dan barang dengan berbagai kondisi jalan baik tanjakan ataupun turunan. Ertiga yang memiliki transmisi manual, tentu saja memiliki engine brake yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya saat dijalanan yang banyak belokan dan turunan.

Namun dari kapasitas mesin, tentu saja pemenangnya adalah All New Avanza, karena walaupun terjadi penurunan tenaga karena menggunakan penggerak roda belakang, namun Avanza dapat bersaing ketat dengan Grand Livina untuk mencapai kecepetan 100 km/jam dan selisih antara keduanya hanya 0,1 detik saja. GL juga memiliki rasio gigi yang cukup rapat dalam perjalanan menengah. Saat mencapai 402 meter, GL menang 0,1 detik saja. Sedangkan Ertiga dan Xenia membutuhkan waktu 1 detik untuk mencapai 402 meter, meskipun Ertiga sendiri telah menggunakan penggerak roda depan.

Akomodasi

Salah satu pertimbangan penting adalah akomodasi dan karena MPV adalah kendaraan MPV 7 penumpang maka bagi sebagian orang khususnya mereka yang memiliki anggota keluar sebanyak itu tentu saja kendaraannya akan lebih sering digunakan sebagai pengangkut barang belanjaan ataupun membawa perlengkapan berlibur.

Kendaraan Low-end MPV yang ditawarkan oleh beberapa produsen otomotif Jepang ini tentu saja memiliki ruang bagasi yang berbeda. Avanza dan Xenia memiliki ruang paling lega jika kursi telah ditegakkan sedangkan Livina akan lebih luar karena bangku dapat dilipat ke lantainya. Namun jika kita berbicara mengenai kuantitas dan utilitas tempat penyimpanan atau juga holder (cup/holder), Avanza dan Xenia lebih unggul, diikuti oleh Ertiga dan New Grand Livina.

Harga

Faktor penentu lainnya adalah harga mobil itu sendiri. Low-end MPV termurah saat ini masih dipegang Ertiga yaitu tipe GA yang pada price listnya seharga Rp. 143juta (OTR JADETABEK). Namun jika Bapak/Ibn menginginkan kendaraan dengan fitur yang lebih lengkap Ertiga 1.4 M/T seharga Rp 167,7 juta (OTR-Surabaya) merupakan pilihan yang terbaik di antara rival-rival sekelasnya. All New Avanza 1.5 G M/T harga terbaru adalah Rp 170 juta an (OTR-Surabaya), New Grand Livina 1.5 SV M/T Rp 172 juta.

Hasil Akhir

Dari semua komparansi yang dilakukan, Suzuki Ertiga memiliki rating terbaik dari semua MPV yang berada dikelasnya. Memang keunggulan yang dimiliki tak berbeda jauh dari rivalnya, namun dengan desain yang diterapkan serta fitur yang disuguhkan oleh kendaraan dibuat oleh Maruti Suzuki seperti tombol audio di setir, dengan head unit yang dilengkapi soket auxiliary, menjadi Ertiga sebagai kendaraan yang sangat ideal bagi keluarga Indonesia.

Aspek lainnya yang menjadi pertimbangan adalah efisiensi bahan bakar karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa di Indonesia harga per liter bahan bakar cukup mahal belum lagi biaya tol dan juga parkir yang semakin hari semakin besar saja.

Dengan perbandingan yang dibuat antara Grand Livina Vs Suzuki Ertiga Vs All New Avanza Vs All New Xenia, kami memberikan gambaran kepada konsumen agar dapat memilih kendaraan yang tepat guna mendukung aktivitasnya masing-masing.





Posted 08 September 2012

Revisi Harga OTR Jatim per Januari 2014

0 komentar:

Poskan Komentar